Minggu, 17 Februari 2008

Tempat Bersejarah & Wisata Haji (2)

Shafa Marwah
Shafa dan Marwah merupakan dua bukit yang terletak dekat dengan Ka'bah.
Sejarah Shafa - Marwah tidak dapat dipisahkan dengan isteri Nabi Ibrahim AS, yaitu Siti Hajar dan putranya Ismail AS. Sewaktu Ismail dan Ibunya hanya berdua dan kehabisan air untuk minum di lembah pasir dan bukit yang tandus, Siti Hajar pergi mencari air pulang pergi dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah sebanyak 7 kali.

Jabal Nur
Adalah tempat Nabi Muhammad menerima wahyu pertama, tepatnya di Gua Hira yang berada di daerah puncak gunung ini. Jabbal Nur adalah gunung berbatu setinggi 700-an meter. Gunung ini berjarak sekitar 3,2 km sebelah timur Makkah memiliki kawasan sekitar 5 km meter persegi. Letak Gua Hira berada 20-25 meter di bawah puncak. Gua Hira berukuran sekitar 3,6 x 1,6 meter. Di gua inilah, dulu, Nabi biasa menyendiri, terutama ketika Ramadhan. Pada 17 Ramadhan 611 Masehi, Nabi menerima wahyu pertama kenabiannya.

Arafah
Arafah berjarak sekitar 25 km di sebelah Tenggara Makkah. Arafah merupakan tempat yang sangat penting pada ibadah Haji, sebagai tempat Wukuf. Keadaan di Arafah ini merupakan replika di Padang Mahsyar saat manusia dibangkitkan kembali dari kematian.
Adapun keutamaan Arafah adalah sebagaimana sabda Rasulullah SAW ,"Do'a yang paling baik adalah doa di hari Arafah".

Muzdalifah
Muzdalifah terletak antara Arafah dan Mina. Di Muzdalifah ini jamaah haji bermalam (mabit) dan mengambil 70 atau 49 butir batu kecil untuk persiapan lempar jumroh di Mina. Sholat Subuh dilaksanakan berjamaah di Muzdalifah. Setelah sholat subuh, meninggalkan Muzdalifah menuju Mina untuk melakukan melempar jumroh. Bagi orang tua dan yang lemah/ sakit boleh meninggalkan Muzdalifah pada malam hari setelah lewat tengah malam baru menuju Mina.

Mina
Mina adalah lokasi di Tanah Haram Makkah. Mina didatangi oleh jamaah haji pada tanggal 8 Dzulhijah atau sehari sebelum wukuf di Arafah. Jamaah haji tinggal disini sehari semalam sehingga dapat melakukan sholat Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya dan Subuh. Kemudian setelah sholat Subuh tanggal 9 Dzulhijah, jamaah haji berangkat ke Arafah.
Jamaah haji datang lagi ke Mina setelah selesai melaksanakan Wukuf di Arafah. Jamaah haji ke Mina lagi karena para jamaah haji akan melempar jumroh. Tempat atau lokasi melempar jumroh terdapat di Mina, yaitu Jumrah Aqabah, Jumrah Wusta dan Jumrah Ula.Di Mina ini, pada malam hari tidur dan pada siang hari melempar jumroh.
Pada hari-hari biasa di Mina kosong tidak berpenduduk. Tanah di Mina tidak boleh dimiliki oleh perorangan, yang boleh adalah menempati untuk keperluan ibadah saja.
Mina juga merupakan tempat atau lokasi penyembelihan binatang kurban. Di Mina ada masjid Khaif, merupakan masjid dimana Rasulullah SAW melakukan shalat dan khutbah ketika berada di Mina saat melaksanakan ibadah Haji.

Masjid Namirah
Namirah ialah nama sebuah gunung. Pada hari Arafah Nabi membuat kemah di Namirah, dan setelah tergelincirnya matahari beliau pindah ke tengah lembah Urnah, berkhutbah dan shalat di sana. Kemudian pindah lagi ke tempat wukuf semula di padang Arafah. Pada masa dinasti Abbasiah pada pertengahan abad ke-2 Hijriyah, dibangunlah sebuah masjid Namirah di tempat khutbah dan shalatnya Nabi tersebut. Oleh karenanya disebut Masjid Namirah.

Panjang Masjid340 m, lebar 240 m. Luasnya lebih dari 110.000 m². Sementara di belakang masjid terdapat pula halaman tertutup seluas kurang lebih 8000 m². Masjid Namirah dapat menampung sekitar 350 ribu jamaah, dengan 6 buah menara dengan tinggi masing-masing 60 m, 3kubah, dan 10 jalan masuk utama yang terdiri dari 64 buah pintu.

Jabal Rahmah
Bukit batu di Padang Arafah sekitar 25 Km dari Mekah.
Di puncaknya terdapat tugu putih yang dibangun untuk mengenang peristiwa sangat penting bagi umat manusia, yaitu pertemuan yang sangat mengharukan antara Nabi Adam dan Siti hawa setelah turun dari surga dan terpisah sekitar 200 tahun lamanya. Disini pula tempat Nabi Muhammad menerima wahyu terakhir pada saat haji Wadah.

Jabal Tsur
Terdapat gua tempat Nabi Muhammad dan Abu Bakar bersembunyi selama 3 hari dari kejaran dan ancaman kaum kafir Mekah dan gua ini terletak dipuncak Jabal Tsur sekitar 7 Km dari Mekah. Memiliki 2 pintu masuk dari depan dan dari belakang. Peristiwa persembunyian tersebut diabadikan oleh Allah dalam Al Quran surat At-Taubah ayat 40. Karena puncaknya sangat tinggi, para jemaah haji jarang yang mendaki dan juga tidak dianjurkan oleh pemerintah Arab Saudi karena takut ada korban jiwa.

Jabal Uhud
Adalah bukit terbesar, terletak sekitar 5Km dari kota Madinah.

Daerah ini sangat terkenal pada saat perang Uhud tanggal 15 Syawal 3H pada waktu kaum Quraish mencoba membalas kekalahan mereka dalam Perang Badar. Karena tidak mengindahkan larangan, pasukan muslim mengalami kerugian besar dengan meninggalnya 70 syuhada termasuk paman kandung Nabi yaitu Hamzah. Nabi hampir setiap tahun melakukan ziarah ketempat ini.

Baqi
Adalah kompleks pekuburan para sahabat dan penduduk Madinah yang terletak sekitar 30m diarah timur Masjid Nabawi.

Baqi sebenarnya berarti sebidang tanah lembut tanpa batu dan kerikil. Tanah semacam ini paling baik untuk lokasi kuburan yaitu jenis tanah yang jarang terdapat di Madinah.

Di perkuburan ini terdapat makam lebih dari 10.000 sahabat Nabi termasuk Usman bin Affan, Abbas bin Abdullah (paman Nabi) dan Hasan bin Ali (cucu Nabi). Juga putra-putri Nabi beserta istri beliau kecuali Siti Khadijah (dimakamkan di Ma'la - Mekah) dan Maimunah (dimakamkan di Za'mum). Keistimewaan makam ini karena Nabi sendiri pernah berdoa agar yang dimakamkan disini diampuni segala dosanya oleh Allah SWT.

Masjid Quba
Quba adalah sebuah desa yang kemudian menjadi nama masjid yang terletak 5 Km diluar kota Madinah dan merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Rasullulah. Selain sholat disini mendapatkan pahala sama dengan melakukan Umrah seperti hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Tarmizi, di masjid ini pula sholat berjamaah pertama kali dilakukan. Masjid ini dibangun pada 12 Rabiul Awal tahun 13H (622M) saat perjalanan Nabi Hijrah ke Madinah dan berhenti di desa Quba. Masjid ini didalam Al Quran disebut juga Masjid Taqwa sebagaiman tercantum dalam Surat At-Taubah ayat 108.

Masjid Qiblatain
Terletak di atas sebuah bukit kecil di utara Harrah Wabrah Masjid dimana Nabi Muhamad SAW mendapat perintah merubah arah sholat dari yang tadinya mengarah ke Baitul Muqqadis menjadi ke Masjid Haram dimana, Baitullah - Ka’bah terletak sehingga didalam masjid ini ada 2 tempat Imam, kejadian itu terjadi dibulan Rajab tahun 12H saat solat Zhuhur menyelesaikan rakaat kedua. Ini juga direkomendasikan untuk dikunjungi bila anda ada waktu tadinya

Pasar Korma
Terletak di Madinah, tidak jauh dari masjid Nabawi. Kualitas kurma yang dijual sangat bagus. Ada toko kurma yang sangat spesial, yaitu Al Nuzfah. Di toko ini, selain berbelanja, kita juga bisa bersantai ria menikmati indahnya kebun kurma yang dimiliki oleh toko tsb.

Kiswah di Mekah
Bangunan Ka’bah diselimuti dengan kain penutup yg disebut Kiswah, sehingga nampak lebih indah.

Jabal ‘Magnet’

Letaknya 30KM dari Madinah menuju Kota Tabuk. Keunikannya adalah, kendaraan yang melintas di atasnya, meski dengan persnelling 0, kendaraan akan melaju kencang hingga 120KM per jam.

Masjid Qishos
Adalah tempat dilaksakannya hukum qishos bagi para pelanggar hukum.

Ma’la
Adalah kompleks pekuburan, di mana salah satunya terdapat makam Khadijah dan putranya Qasim.


Masjid Terapung
Masjid ini terletak menjorok ke laut. Di sekitarnya, terdapat banyak pedagang makanan.

Tidak ada komentar: